Kamis, 01 Desember 2016

Manfaat Program Gerakan Literasi Disekolah

Manfaat Program Literasi Di sekolah
Literasi mungkin telah menjadi istilah yang familiar bagi banyak orang. Namun tidak banyak dari mereka yang memahami makna dan definisinya secara jelas. Literasi mungkin telah menjadi istilah yang familiar bagi banyak orang. Namun tidak banyak dari mereka yang memahami makna dan definisinya secara jelas. National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai "kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat."
Dalam dunia Pendidikan,Sekarang sudah mulai mengenal salah satu program yang dikenal sebagai Gerakan   Literasi sekolah.   Gerakan Literasi Sekolah telah melahirkan ide gerakan lainnya, yaitu Gerakan Amal Buku Satu untuk Satu (GAMBUK 1-1). Apakah GAMBUK 1-1 itu? Gerakan Amal Buku satu untuk Satu adalah suatu kegiatan amal dari yang menyumbangkan buku kepada siapa yang membutuhkan buku tersebut.Hal ini sangat bermanfaat,terutama bagi Pelajar agar terbiasa dalam membaca.Membaca tidak hanya buku-buku Pelajaran ,tetapi Semua buku-buku ataupun media lainya yang dapat memberikan ilmu bermanfaat,baik fiksi,ilmiah,non fiksi, Semua itu dapat menambah wawasan kita.
Berikut ini beberapa manfaat bagi kita apabila kita sering membaca (Walaupun hanya 15 menit) :
1. Dapat menstimulasi mental
2. Dapat mengurangi stress
3. Menambah wawasan dan pengetahuan
4. Menambah kosakata
5. meningkatkan kualitas memori
6. Melatih keterampilan untuk berfikir dan menganalisa
7. meningkatkan fokus dan konsentrasi
8. Melatih untuk dapat menulis dengan baik
9. Dapat memperluas pemikiran seseorang
10. Dapat meningkatkan hubungan sosial
11. Dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif
12. Dapat meningkatkan empati seseorang
13. Dapat mendorong tujuan hidup seseorang
14. Dapat membantu kita terhubung dengan dunia luar
15. Dapat lebih berhemat
(Dikutip dari Manfaat.co.id)

Semoga dengan Artikel ini,Dapat menambah wawasan kita mengenai Penting nya Literasi bagi KITA.Jadikanlah Literasi ini sebagai budaya kita,Budaya bangsa Indonesia ^^.
  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar